Apa Tujuan, Struktur Dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi (Description Text) ?

Bismilahirahmanirahim-stepbelajarbahasainggris setelah memposting tentang teks prosedur kemaren, pada kesempatan sore ini saya akan share tentang "teks deskripsi". Baiklah langsung saja ke tujuan teks deskripsi (description text) ialah untuk menggambarkan suatu tempat, benda dan orang. sedangkan struktur teks deskripsi ada 2, yaitu;

1. Identifikasi : Pendahuluan tentang apa dan siapa yang akan dideskripsikan
2. Deskripsi : Berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, orang dan tempat.

Ciri-ciri dari teks ini ialah;
1. Menggunakan tenses pertama (Simple present tense), 
2. Menggunakan atribute verb, seperti is, am, are, cook, look, dll.

Contoh Teks Deskripsi "Pantai Sawarna (Sawarna Beach) 



Beberapa waktu kebelakang hingga saat ini, terdapat sebuah tempat wisata pantai di daerah Banten yang banyak dibicarakan dan mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pantai tersebut bernama pantai Sawarna. Pantai yang mempunyai hamparan pasir putih bersih disatu sisi dan karang yang menjulang di sisi lain banyak menjadi buah bibir oleh banyak wisatawan dikarenakan keindahan alamnya yang begitu menawan. Percaya atau tidak, keindahan pantai Sawarna ini dapat di sejajarkan pantai dengan pantai-pantai indah di luar Banten. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Banten karena keindahannya merupakan salah satu pantai terindah yang ada di provinsi Banten.

Pantai Sawarna yang terkenal tersebut berjarak sekitar 150 Km dari Rangkasbitung dan berada di desa Sawarna kecamatan Bayah kabupaten Lebak provinsi Banten. Sawarna sendiri sebenarnya adalah nama desa tempat dimana pantai tersebut berada. Pantai Sawarna adalah pantai yang menghadap ke Samudera Hindia, sehingga mempunyai ciri khas pantai selatan dengan ombaknya yang besar dan arusnya yang kuat. Letaknya yang terpencil dan akses yang agak sulit untuk dijangkau membuat pantai Sawarna seperti surga yang tersembunyi di wilayah terpencil.

Beberapa tahun silam bahkan tidak banyak wisatawan yang berkunjung kesana karena sulit dan cukup buruknya akses jalan untuk mencapai Sawarna. Berkat promosi mulut ke mulut serta promosi melalui media online, semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke surga tersembunyi ini.

Dikutip dari WisataBanten

3 Responses to "Apa Tujuan, Struktur Dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi (Description Text) ?"

  1. Yah, kalau mau belajar bahasa inggris langsung aja ke Kediri bro.... Terima kasih infonya dan salam sukses buat anda.

    ReplyDelete
  2. thanks infonya gan, titip link ya gan www.interiorjakarta.com

    ReplyDelete